1. Laporan
Pengertian laporan
adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada
dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang
ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau
keterangan berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor
(dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan suatu
kegiatan.
A.
Prinsip – prinsip Penulisan laporan
Laporan pada dasarnya adalah
alat komunikasi juga. Supaya dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang
efektif, sebuah laporan harus memenuhi syarat–syarat berikut ini.
1. Lengkap
Artinya data dan fakta
yang ada dalam laporan harus lengkap
2. Jelas
Sebuah laporan disebut
jelas bila uraian dalam laporan tidak memberi peluang ditafsirkan secara
berbeda oleh pembaca yang berbeda. Ini dapat dicapai bila bahasa yang digunakan
benar dan komunikatif
3. Benar / akurat
Data dan fakta yang
salah dapat menuntun pembaca membuat suatu keputusan yang salah. Jadi kebenaran
dan keakuratan isi laporan sangat diperlukan.
4. Sistematis
Laporan harus
diorganisasikan sedemikian rupa, dengan system pengkodean yang teratur,
sehingga mudah dibaca dan diikuti oleh pembaca. Laporan yang sistematis juga
menunjang unsur kejelasan yang sudah diciptakan oleh unsur – unsur bahasa.
5. Objektif
Penulis laporan tidak
boleh memasukkan selera pribadi ke dalam laporannya. Pelapor harus bersikap
netral dan memakai ukuran umum dalam minilai sesuatu
Laporan Formal
Laporan formal terdiri dari:
1.
Bagian Pendahuluan
2.
Bagian pendahuluan terdiri dari:
3.
a. Halaman judul: judul, maksud dan tujuan penulisan identitas penulis,
instansi asal, kota penyusunan, tahun.
4.
b. Halaman pengesahan (jika perlu)
5.
c. Halaman motto/ semboyan (jika perlu)
6.
d. Halaman persembahan (jika perlu)
7.
e. Kata pengantar
8.
f. Daftar isi
9.
g. Daftar tabel (jika ada)
10. h. Daftar gambar (jika
ada)
11. i. Daftar grafik (jika
ada)
12. j. Abstrak (berisi
uraian singkat mengenai isi laporan)
2. Bagian Isi
Uraian singkat tentang
bagian ini:
a. Bab I: Pendahuluan
1) Latar belakang
2) Identifikasi
masalah
3) Pembatasan masalah/
ruang lingkup penelitian
4) Rumusan masalah
5) Tujuan dan manfaat
b. Bab II: Kajian
pustaka
c. Bab III: Metode
penelitian
d. Bab IV: Pembahasan
e. Bab V: Penutup
3. Bagian
Penutup
a. Daftar pustaka
b. Daftar lampiran
c. Indeks atau daftar
istilah
Usulan Karya Tulis
Ilmiah
Jelaskan
jenis-jenis karya ilmiah
1.
Makalah
Makalah adalah
suatu karya tulis ilmiah mahasiswa mengenai suatu topik tertentu yang
tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. Makalah ini umumnya
merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu perkuliahan, baik berupa
kajian pustaka maupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan.
2.
Tesis
Tesis adalah karya
tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program Magister
(S2). Tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan
pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam Ilmu Pendidikan.
3. Skripsi
Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia
untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil
penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang
ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.
Tentukan topik
Penelitian
ANALISIS PENGARUH
INFLASI DAN SUKU BUNGA BI
TERHADAP KINERJA
KEUANGAN PT. BANK MANDIRI , TBK
BERDASARKAN RASIO
KEUANGAN
bertujuan untuk
mengetahui pengaruh tingkat inflasi dan suku bunga
terhadap kinerja PT.
Bank Mandiri, Tbk.
Refernsi:
http://belajarbahasa-bahasaindonesia.blogspot.com/2012/05/laporan-formal-dan-informal.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar